What's News

Jumat, 24 Juli 2015

Jhon D Murphy

Info Sehat - Ketahui Manfaat Luar Biasa Dari Tauge !

Tauge/Kecambah
Tauge/Kecambah

Info Kesehatan - Mungkin dari semua orang sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, Tauge namanya. Jenis makanan ini tentu sering kita jumpai di dalam makanan seperti soto, pecel dan lainnya. Di Indonesia sendiri, Tauge sudah sangat terkenal. Namun siapa yang sangka juga ternyata makanan ini memiliki segudang manfaat yang baik baik bagi tubuh kita. Selain di sebut sebagai "kecambah", Tauge ini ternyata mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Di samping itu Tauge juga kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega 3. Untuk dari itu Tauge sangat baik digunakan sebagai sumber enzim bagi tubuh. Kegunaan enzim dalam tubuh adalah untuk bisa meningkatkan energi sehingga tubuh akan tetap sehat dan bugar. Tauge juga memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak, sehingga makanan ini juga sangat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, mengurangi bakteri, meningkatkan sistem metabolisme dan masih banyak yang lainnya. Tauge ini bisa disajikan dalam bentuk matang ataupun mentah. Namun ada beberapa peneliti berpendapat bahwa kita harus mengkonsumsi Tauge secara matang karena bisa mencegah resiko E coli yang mengkontaminasi sayuran. Namun meski begitu, jangan terlalu lama juga ya dalam memasak Tauge ini karena bisa mengurangi kadar vitaminnya.

Kini anda sudah sedikit mengetahui bukan bahwa Tauge atau yang juga disebut sebagai kecambah ini sangat berguna. Nah, untuk melengkapi rasa penasaran anda, kami akan jelaskan beberapa manfaat Tauge bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

1. Mencegah Kanker

Tauge ternyata bisa membantu mengeringkan partikel yang berbahaya dalam usus besar. Dengan cara menekan kotoran yang ada di usus besar, maka akan hampir tidak ada zat beracun dalam kotoran yang dapat menyerap seluruh tubuh. Selain itu juga berguna untuk menghindari penumpukan senyawa beracun yang berpotensi besar dalam berkembangnya bibit-bibit kanker.

2. Memelihara Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke

Biasanya orang-orang yang menderita stroke atau serangan jantung, itu dikarenakan tingginya kadar lemak dalam darah. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi Tauge karena makanan ini bisa membantu mengurangi kolestrol jahat tanpa menggangu lemak HDL.

3. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Tauge yang juga mengandung Estrogen di dalamnya berguna untuk meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulan dan menghentikan kerusakan pada tulang kita.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Beraktivitas setiap harinya tentu akan mengurangi stamina kita. Jika tubuh kita lemah, maka akan mudah untuk terjangkit penyakit. Dan Tauge ini bisa membantu meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah, khususnya Limfosit T-sel serta Interferon. Tauge yang kaya akan anti oksidannya tentu akan memelihara tubuh dari radikal bebas.

5. Melancarkan Pencernaan

Tauge ini ternyata juga sangat bagus dalam menjaga tingkat keasaman lambung dan membantu sistem pencernaan tubuh kita. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya dapat dengan mudah membantu meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, sehingga jika anda termasuk dalam kategori susah buang air besar, maka makanan ini akan jadi solusinya.

6. Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan bukan hanya pada wanita, namun pria juga. Tauge yang memiliki vitamin E, khususnya E-alpha, sangat membantu dalam meningkatkan kualitas sperma. Jadi para pria yang sedang dalam tahap ingin memiliki momongan, harap perhatikan tingkat kesuburan sperma anda.

7. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Tentu saja, seperti yang dijelaskan di atas bahwa Tauge memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Ini artinya dengan bantuan vitamin E ini, tentu Tauge juga berperan penting dalam mempercantik kulit kita.

8. Berat Badan Ideal

Anda merupakan salah satu orang yang sedang menjalani progam diet? Tentu Tauge ini akan menjadi menu yang pas di dalam makanan sehari-hari anda. Karena Tauge ini hampir tidak mengandung lemak. Dalam 124 gramnya Tauge hanya mengandung 0,11 gram lemak. Jadi jangan lupa masukan Tauge dalam menu diet anda ya..

9. Mencegah Gangguan Saat Menstruasi dan Menopause

Tauge yang mengandung De-okidasi ini dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah dan menghindari bahaya timbulnya penyakit dalam tubuh. Bagi wanita, jika anda sering mengkonsumsi Tauge sebelum periode bulanan, bisa menghindarkan anda dalam masalah saat terjadinya menstruasi. Mengkonsumsi Tauge yang juga kaya akan vitamin E ini dapat membantu menghidari gangguan panas yang dirasakan pada pra menopause.

10. Baik Bagi Kaum Wanita

Mengkonsumsi Tauge secara teratur juga bisa membantu wanita mencegah bahaya kanker payudara, masalah haid, gejala pra-menopause serta masalah lain pada fase menepause.

Inilah beberapa manfaat mengagumkan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi Tauge. Tentu melihat Tauge yang ukurannya cukup lucu dan mudah tumbuh serta memiliki harga yang cukup murah, ternyata memiliki segudang manfaat besar bagi tubuh kita. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengkonsumsi Tauge secara teratur dan bagikanlah informasi ini kepada teman, rekan kerja, maupun saudara-saudara anda, agar mereka bisa merasakan manfaat luar biasa dari kecambah ini.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »